Begini Cara Cek Saldo BPJS Lewat Internet yang Mudah

Intan Purnamasari

Cara Cek Saldo BPJS Lewat Internet - ANUCARA | Sebagai anggota BPJS, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan layaknya asuransi mulai dari jaminan hari tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja hingga jaminan kematian. Dana jaminan hari tua tersebut akan terus tumbuh karena dikelola oleh BPJS ke dalam berbagai bentuk instrumen investasi.



Sebagai investor aktif, Anda juga perlu mengetahui perkembangan saldo dari investasi yang Anda ikuti tersebut. Agar bisa mengetahui pertumbuhan nilai investasi atau saldo BPJS, salah satunya yakni melalui internet. Cara cek saldo BPJS lewat internet cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua karyawan yang melek internet.

Sebelum melakukan pengecekan melalui internet, pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang lancar atau memiliki kuota internet yang mencukupi.  Selanjutnya, tahapan cara cek saldo BPJS lewat internet bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Buka alamat website pendaftaran BPJS https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu-mobile/index.zul. Kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran dengan data sebenar-benarnya.
  2. Bila pendaftaran sudah berhasil, Anda akan memperoleh PIN log in yang dikirimkan oleh pihak BPJS ke alamat email yang Anda gunakan dalam pendaftaran tadi.
  3. Selain memperoleh PIN log in, Anda juga akan memperoleh PIN Aktivasi melalui SMS.
  4. Anda bisa menggunaan PIN tersebut untuk login ke akun Anda di alamat es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sso/login.bpjs.
  5. Gunakan User ID EKTP atau email untuk login ke akun Anda. Setelah berhasil masuk ke dalam halaman akun, pilih menu layanan.
  6. Pilih opsi Aktivasi di kolom layanan cek saldo JHT.
  7. Anda akan diminta memasukkan PIN Aktivasi yang Anda peroleh lewat SMS sebelumnya.
  8. Setelah aktivasi berhasil, pilih menu Cek Saldo JHT untuk mengecek saldo yang tersisa di akun Anda, lalu klik Submit.
  9. Untuk member yang sudah melakukan registrasi sebelumnya, Anda bisa langsung masuk ke akun menggunakan PIN log in dan User ID dan memilih opsi Cek Saldo JHT.
 Apabila Anda melakukan semua tahapan cara cek saldo BPJS lewat internet di atas dengan benar, maka saldo JHT Anda akan langsung dimunculkan. Sebagai catatan, saldo JHT ini baru bisa dicairkan setelah Anda berusia 56 tahun. Jadi, Anda bisa menyiapkan rencana investasi lainnya sebelum mencairkan saldo JHT.