4 Cara Cek Saldo Jamsostek dengan Mudah untuk Peserta

Dedi Setiawan

Cara Cek Saldo Jamsostek

Bagaimana cara cek saldo Jamsostek? Bagi anda pekerja atau karyawan yang masih menggunakan kartu Jamsostek apakah masih bisa melanjutkan? Jamsostek yang kini berpindah menjadi BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah Badan Penjamin Pekerja untuk urusan sosial, keamanan, kesehatan, dan juga jaminan hari tua. Artinya BPJS Ketenagakerjaan dengan JAMSOSTEK itu adalah sama. Namun apakah JAMSOSTEK masih berlaku? Hingga saat ini, pemegang kartu Jamsostek masih berlaku dan memiliki hak yang sama sesuai dengan ketentuan awal keanggotaan dalam Jamsostek.


Cara cek saldo Jamsostek juga sama dengan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Bedanya hanya pada ketentuan dan juga nomor keanggotaan. Pemegang kartu Jamsostek memiliki hak yang sama dengan anggota BPJS Ketenagakerjaan, sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai saldo Jamsostek yang sudah anda kumpulkan selama bertahun-tahun. 

Saldo Jamsostek bisa anda lakukan pengecekan kapanpun dan dimanapun dengan berbagai cara. Sedangkan untuk pengambilan saldo atau JHT(Jaminan Hari Tua) bisa diambil ketika anda pensiun atau sudah berhenti kerja dari perusahaan yang mendaftarkan keanggotaan. Saldo Jamsostek hanya bisa diambil ketika anda sudah mencapai masa pensiun yaitu 55 tahun untuk laki-laki dan perempuan dengan usia 50 tahun. Uang jaminan hari tua akan diberikan setelah anda pensiun dengan cara diberikan langsung atau bisa secara bertahap tergantung pilihan yang anda pilih. Bagi peserta Jamsostek yang sudah berhenti bekerja namun belum mencapai usia pensiun, anda tetap bisa mengambil uang JHT meski belum memasuki masa tua. Namun ada beberapa persyaratan, seperti misalnya minimal keanggotaan sudah melewati masa 5 tahun dihitung dari tanggal penerbitan kartu Jamsostek, dan juga harus melampirkan surat dari perusahaan sebelumnya baik itu surat keterangan pernah bekerja di perusahaan tersebut, atau juga surat pengalaman kerja. Untuk ketentuannya bisa and abaca di website resminya.

Sudah sejak lama jaminan sosial bagi pekerja ditanggung oleh pemerintah. Dengan adanya hal inilah maka diciptakannya jamsostek yang kini berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan karena bergabungnya Jamkesmas pada badan sosial ini. Makanya ada juga BPJS Kesehatan yang merupakan perubahan nama dari jamkesmas. Nah, bagaimana cara cek saldo Jamsostek untuk peserta Jamsostek lama?



Untuk melakukan pengecekan saldo Jamsostek sama seperti melakukan cek saldo BPJS ketenagakerjaan, diantaranya :

1. Cara Cek Saldo Jamsostek lewat Website

Anda tak perlu khawatir dan bingung karena Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan itu adalah sama. Jadi website yang digunakan juga sama. Langkah dan cara cek saldo Jamsostek, adalah :
  1. Buka Website : https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja
  2. Bila anda belum pernah menggunakan website ini dan belum pernah terdaftar dalam website ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun baru. 
  3. Klik tombol register yang berwarna putih dan lakukan pendaftaran dan ikuti petunjuknya
  4. Isi semua kolom pada formulir pendaftaran termasuk nomor peserta Jamsostek, nama peserta, dan gunakan email yang aktif untuk melakukan verifikasi nantinya
  5. Anda juga harus memasukkan nomor ponsel anda untuk melengkapi pendaftaran
  6. Setelah selesai, klik submit
  7. Buka email untuk melakukan verifikasi dan mengaktifkan akun anda.
  8. BIla akun baru anda sudah aktif, atau bagi pengguna yang pernah terdaftar, anda bisa langsung melakukan login
  9. Setelah login dan masuk dalam website, aka nada beberapa pilihan menu. Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan klik tombol submit
  10. Saldo outstanding Jamsostek anda akan muncul beserta rincian di bulan terakhir. 

2. Cara Cek Saldo Jamsostek dengan SMS

Sama halnya dengan Cara cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, cara cek saldo Jamsostek juga bisa melalui pesan singkat atau sering disebut SMS. Bila nomor ponsel anda belum terdaftar atau baru pertama kali ingin menggunakan layanan ini anda harus melakukan registrasi dahulu. Ada yang perlu diingat bahwa cara cek saldo Jamsostek saat ini hanya bisa dilakukan dengan kartu XL, Telkomsel, dan Indosat saja, provider lain atau CDMA belum mendukung layanan ini

Cara registrasi :

  • Ketik SMS dengan format : DAFTAR[spasi]SALDO#Nomor Identitas(KTP, SIM, Pasport)#Nama Lengkap#Tanggal Lahir#Nomor Peserta BPJS
  • Kirim ke nomor : 2757
  • Anda akan mendapatkan balasan bahwa pendaftaran berhasil

Selanjutnya jika anda ingin melakukan cek sado Jamsostek lakukan dengan format berikut ini,

Cara Cek Saldo :
  • Ketik SMS dengan format : SALDO[spasi]NOMOR PESERTA
  • Kemudian kirim ke Nomor : 2757
  • Anda akan mendapatkan balasan jumlah saldo terakhir dari Jamsostek anda

3. Cara Cara Cek Saldo Jamsostek dengan Smartphone

Jika anda pengguna Android atau iOS, anda bisa melakukan pengecekan dan monitoring BPJS atau keanggotaan Jamsostek anda melalui satu aplikasi. Dengan aplikasi yang diberi nama BPJSTK Mobile anda bisa melakukan cek saldo, dan juga melihat rincian iuran yang terpotong tiap bulannya untuk kepesertaan Jamsostek anda. 

Jika anda belum memilikinya anda bisa langsung mendownload langsung dengan gratis lewat aplikasi Google PlayStore bagi pengguna Android, dan iStore bagi pengguna iPhone dan iPad. Setelah terinstall di smartphone anda, lakukan registrasi untuk membuat akun aplikasi. Isi semua kolom sesuai dengan identitas anda. Masukkan juga nomor dari KPJ anda dan email yang aktif. Setelah selesai melakukan pendaftaran, lakukan konfirmasi email dengan membuka email kemudian klik konfirmasi pada email kiriman dari BPJS.

Untuk cek saldo, anda bisa melakukan login pada aplikasi kemudian akan tertampil beberapa tab menu, klik Cek Saldo maka akan muncul saldo terakhir yang sudah anda miliki selama menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek. Pada aplikasi ini anda juga bisa melakukan klaim jika terjadi kecelakaan kerja pada diri pekerja baik dalam waktu kerja atau di luar jam kerja. Karena Jamsostek melindungi selama 24 jam baik dalam kerja atau di luar kerja. 

4. Cara Cek Saldo Jamsostek Di Kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan

Nah, untuk anda yang tidak ingin diribetkan dengan aplikasi atau format SMS yang mungkin malah membingungkan, anda bisa langsung datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan setempat(kantor yang sebelumnya bernama Kantor Jamsostek) untuk mengetahui saldo Jamsostek anda saat ini. 

Syarat melakukan cek Saldo, harus membawa :
  • Kartu Jamsostek atau salinannya
  • Kartu Identitas Diri (KTP atau SIM)
  • Kartu Identitas untuk menunjukkan bahwa anda bekerja pada Perusahaan yang terdaftar dalam kepesertaan Jamsostek anda (tidak wajib, untuk mempercepat proses)

Setelah membawa dokumen di atas dan mendatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan, ambil nomor antrian sesuai dengan keperluan anda dan tunggu hingga nomor anda terpanggil. Setelah itu akan mendapatkan salinan yang berisi saldo terakhir anda dengan rincian setoran tiap bulannya di tiga bulan terakhir. Selain itu rincian bunga yang didapatkan juga terlampir disana sehingga anda bisa memperkirakan penambahan saldo di masa mendatang.

Ketentuan Iuran Jamsostek

Mengapa pemotongan iuran Jamsostek kadang berbeda? Ingin tahu ketentuan dari iuran peserta Jamsostek yang terpotong setiap bulannya? Besarnya iuran wajib dari peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi penerima upah(karyawan/pekerja) adalah sebesar 9,24% - 10,74% dari upah total yang diterima dalam satu bulan, dengan ketentuan 3% dibayar oleh pekerja, dan 6,24% - 7,74% dibayar oleh pihak pemberi kerja dengan rincian sebagai berikut :
  • Program Jaminan Hari Tua (JHT) : iuran 5,7% dari upah, dengan ketentuan 3,7% dibayar oleh pihak pemberi kerja, dan 2% oleh pekerja 
  • Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) : iuran 0,24% - 1,74% dari upah, besaran tarif disesuaikan dengan tingkat risiko lingkungan kerja, premi dibayar oleh pihak pemberi kerja 
  • Program Jaminan Kematian (JKM) : iuran 0,3% dari upah, premi dibayar oleh pihak pemberi kerja 
  • Program Jaminan Pensiun : iuran 3% dari upah, dengan ketentuan 2% dibayar oleh pihak pemberi kerja, dan 1% oleh pekerja 
Nah, meskipun anda masih menggunakan atau berstatus peserta jamsostek, anda tak perlu khawatir tidak bisa melakukan cek saldo Jamsostek, karena cara cek saldo jamsostek sama seperti dengan BPJS Ketenagakerjaan. Semoga member pencerahan bagi anda yang masih menggunakan jamsostek dan ingin melakukan cek saldo yang sudah anda kumpulkan.

Artikel Cek Saldo Lainnya: 




  1. Cek Saldo SMS Banking Mandiri
  2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
  3. Cara Cek Saldo Jamsostek
  4. Cara Cek Saldo Jamsostek Via SMS Telkomsel
  5. Cara Cek Saldo Jamsostek Via SMS 2757
  6. Cara Cek Saldo Jamsostek Online
  7. Cara Cek Saldo BPJS Lewat Internet 
  8. Cara Cek Saldo BPJS Lewat ATM BNI
  9. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS
  10. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
  11. Cara Cek Saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan (New!)