Alternatif Cara Check In Hotel Tanpa KTP Paling Mudah

Intan Purnamasari

Cara Check In Hotel Tanpa KTP - ANUCARA | Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, kenapa sih saat hendak check in hotel harus menyerahkan terlebih dahulu? Sebenarnya tidak ada hukum sama sekali yang secara eksplisit mengatur mengenai hal ini, hanya saja di dalam KUHP sudah disebutkan bahwa ada sanksi pidana bagi pemilik penginapan atau hotel yang dimaksud jika tidak memegang identitas tamu ataupun sekedar menyuruh tamunya menuliskan beberapa beberapa identitas dirinya yang biasanya berupa nama, pekerjaan serta tempat tinggal, dimana identitas tersebut diperoleh dari KTP tamu. Namun, adakah cara check in hotel tanpa KTP?


Jawabannya adalah ada, yakni dengan menggunakan kartu identitas yang lain seperti SIM atau kartu pelajar jika Anda masih berstatus sebagai pelajar. Pada dasarnya penyerahan KTP saat hendak menginap di hotel ini tujuannya adalah untuk kepentingan pendataan dan juga untuk menghindari penipuan identitas dengan memastikan bahwa identitas yang Anda berikan benar-benar cocok dan sesuai dengan identitas tamu yang ada di voucher pemesanan.

Selain itu, fotokopi identitas ini juga akan disimpan demi meminimalisir  resiko penyalahgunaan kartu kredit serta kepentingan verifikasi dengan penyedia kartu kredit milik Anda jika nantinya ada kasus penyanggahan atas transaksi yang ada. Lalu, bagaimana sih cara check in hotel tanpa KTP?

Cara check in hotel tanpa KTP, dalam hal ini adalah dengan menggunakan kartu identitas yang lain sama halnya saat Anda hendak check in dengan KTP, yakni sebagai berikut:
  1. Anda bisa langsung masuk ke lobi utama hotel terlebih dahulu, dimana di sini nanti Anda akan mendapati meja resepsionis dengan petugasnya
  2. Setelah Anda mendapati meja resepsionis ini, jika Anda sudah melakukan reservasi terlebih dahulu, maka Anda bisa langsung mengatakannya pada petugas sambil menunjukkan voucher hotel yang Anda terima. Tetapi jika tidak, Anda bisa menanyakan ketersediaan kamar yang bisa Anda sewa di sana. Nanti petugas akan memberikan penjelasan mengenai kamar-kamarnya jika memang masih ada.
  3. Setelah Anda selesai memilih kamar, maka Anda akan diberi lembaran yang harus Anda isi untuk bisa menginap di sana
  4. Setelah itu, langsung serahkan formulir tersebut kepada pegawai berikut dengan kartu identitas selain KTP