3 Cara Cek Garansi Samsung, Mudah dan Akurat

Intan Purnamasari

Cara Cek Garansi Samsung - ANUCARA | Bagaimana cara cek Garansi Samsung lewat online? Bagi pemilik atau calon pengguna Samsung tentunya ingin mendapatkan layanan penuh terhadap layanan purna jual atau garansi dari produk Samsung yang akan anda beli. Banyaknya beredar Samsung refurbish atau replika membuat kita harus jeli dalam membedakan dan menentukan porudk yang akan kita beli benar-benar produk resmi dan dalam kondisi baru sehingga mendapatkan hak-hak layanan yang sesuai dengan ketentuan, salah satunya garansi resmi atau warranty dari produsen Samsung. Perusahaan asal korea yang berdiri sejak 1969 ini memang kini memegang pengaruh besar di dunai Smartphone khususnya yang berbasis Android. Terlebih untuk pasar Indonesia yang masih diduduki oleh Samsung.


Cara cek garansi Samsung kini bisa dilakukan sendiri melalui online. Sehingga bagi anda yang ingin melakukan pengecekan bisa melakukannya sendiri untuk mengetahui status dari produk Samsung yang anda gunakan. Apa saja yang didapatkan dari garansi Samsung? Untuk melihat ketentuan dari gransi yang didapatkan dan syarat ketentuan yang berlaku,anda bisa membacanya di website Samsung di halaman support, yaitu http://www.samsung.com/id/support/warranty

Garansi Samsung secara umum untuk produk Smartphone atau ponsel biasanya memberlakukan :
  • Smartphone Handset : 12 Bulan
  • Baterai: 12 Bulan
  • Lubang suara, hands free, kartu flash T, Kabel Data, Kabel AV Out, S-pen, Speaker Plug-in: 6 Bulan
  • Charger [Desktop / Travel]: 6 Bulan
Lalu bagaimana cara cek garansi Samsung? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi dan status garansi yang dimiliki oleh roduk Samsung anda.

Cara Cek Garansi Samsung Terbaru


Untuk melakukan pengecekan garansi Produk Samsung bisa dilakukan dengan beberapa cara melalui website baik melalui website resmi Samsung atau website yang khusus dilakukan untuk pengecekan IMEI. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui status masa garansi Samsung, diantaranya :

1. Cara Cek Garansi Samsung Lewat Layanan Resmi

Samsung memberikan layanan pengecekan garansi atau layanan purna jual bagi pengguna smartphone dan gadget dari produk-produk Samsung. Anda bisa melakukan pengecekan dan menemukan informasi mengenai produk yang anda gunakan dengan menggunakan IMEI dari produk Samsung milik anda. Caranya:
  1. Buka website layanan pengecekan garansi resmi Samsung di http://www.samsungwarrantycheck.com
  2. Setelah itu masukkan nomor IMEI pada kolom yang tertera pada produk anda
  3. IMEI bisa dilihat pada kartu garansi, dusbox, dan juga bisa dilihat pada bagian belakang ponsel dengan membuka baterai
  4. Untuk smartphone yang tidak bisa membuka chasing dengan mudah, anda bisa melihat IMEI pada menu setelah kemudian pilih ‘Tentang’
  5. Masukkan IMEI di kolom website dan klik tombol CHECK
Jika berhasil maka anda akan mendapatkan informasi seputar produk Samsung milik anda terkait spesifikasi dari produksinya mulai dari kode model, nomor seri, tahun pembuatan, tanggal pembelian, dan juga status garansi yang dimiliki untuk klaim ke service center Samsung.

2. Cara Cek Garansi Samsung Lewat IMEI Info

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi produk Samsung yang anda gunakan, anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan nomor IMEI dari produk Samsung anda. Caranya:
  1. Buka website pengecekan informasi produk di http://imei.info
  2. Kemudian masukkan IMEI dari Gadget Samsung anda. IMEI bisa anda lihat pada dusbox atau melalui ponsel dengan membuka menu Setting>>>>General>>About can lihat nomor seri dari smartphone atau gadget anda
  3. Masukkan pada kolom IMEI pada website tersebut kemudian klik CHECK
Setelah itu akan muncul informasi mengenai produk yang anda gunakan mulai dari Seri, model gadget yang anda gunakan, Negara yang memproduksi, tahun pembuatan, tanggal pembelian, dan juga masa berlaku garansi. Nah, jika secara sistem tersebut produk anda sudah tidak masa garansi padahal secara perhitungan masih dalam garansi, anda perlu curiga bisa jadi produk yang anda beli adalah Samsung kondisi reproses atau refurbish sehingga biasanya hanya memiliki garansi distributor saja. Jika hal ini terjadi, anda tidak bisa melakukan klaim garansi pada layanan service center Samsung karena secara data dari Samsung produk anda sudah tidak lagi ditanggung garansi.

Untuk menggunakan layanan ini anda harus melakukan pendaftaran dahulu di website ini menggunakan email yang anda miliki. Meski layanan ini gratis, namun untuk menggunakannya diharuskan login dahulu sehingga bagi yang belum memiliki akun harus melakukan registrasi untuk bisa login ke dalam akun website tersebut. Untuk melakukan pendaftaran klik REGISTER pada tombol kanan atas.

Bagi yang ingin lebih cepat tanpa menggunakan email, anda bisa melakukan registrasi melalui login facebook atau akun Google Plus anda. Pilih tombol Sign in Facebook untuk anda yang ingin menggunakan Facebook sebagai login, dan Sign in Google Plus untuk anda yang ingin masuk dan mendaftar menggunakan akun goolge yang anda gunakan.

3. Cara Cek Garansi Samsung Lewat IMEI Data

Selain menggunakan website IMEI Info, masih ada website yang bisa melakukan pengecekan garansi dan juga spesifik produk dari beberapa ponsel. Website ini bukan website resmid ari Samsung namun merupakan website yang bisa melakukan pengecekan informasi hanya dengan memasukkan IMEI, untuk produk apapun bisa digunakan. Cara menggunakan layanan ini cukup mudah, diantaranya :
  1. Buka website Silahkan anda membuka link https://imeidata.net
  2. Kemudian pilih Submenu ‘Warranty’ di bagian atas dan setelah muncul sub menu pilih ‘Samsung Warranty’ Setelah itu masukkan nomor IMEI dari produk Samsung anda dan Klik ‘CHECK’
Jika berhasil, akan muncul informasi garansi, model, tanggal pembuatan, pabrik, umur, pembuatan dan tanggal produksi, dan kode pemasaran berdasarkan samsung IMEI dan nomor seri.
Bagaimana cara Cek IMEI dari produk Samsung kita? Ada beberapa cara mengetahui IMEI dari produk yang kita miliki, diantaranya:
1. Ketik *#06# pada smartphone dan klik OK/YES maka akan muncul nomor IMEI dan tahun pembuatan
2. Dengan melihat pada Setelan >> Sistem >> Tentang
3. Dengan melihat pada dusbox dan juga dokumen didalamnya
Bagi yang ingin melakukan klaim garansi baik garansi smartphone atau baterai bisa langsung mendatangi Service Center Samsung terdekat sesuai dengan lokasi anda. Garansi tidak mencakup kerusakan yang disebabkan oleh faktor kesalahan manusia seperti kesalahan dalam pengisian baterai atau adanya gangguan yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak dianjurkan. Untuk mengetahui detail dari layanan garansi anda bisa menghubungi layanan call center Samsung Indonesia di 0800-112-8888 untuk semua produk dan 021-56997777 untuk khusus produk Smartphone, Tablet, dan Handphone. Layanan ini selama 24 jam termasuk di hari libur nasional.

Jangan lupa membawa dokumen dan kartu garansi jika ingin melakukan klaim garansi dan penanganan masalah terkait produk Samsung agar pelayanan lebih mudah. Lakukan back-up data terlebih dahulu jika ingin dilakukan service karena kemungkinan data akan hilang dan pihak Service Center tidak bertanggung jawab atas kehilangan data. Bagi yang ingin melakukan layanan service namun untuk produk yang sudah lewat masa garansi akan dikenakan biaya service sesuai dengan tarif yang berlaku. Garansi hanya berlaku sesuai dengan jangka waktu dan ketentuan yang telah di tetapkan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia. Penggantian pare part mungkin akan dibebankan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, namun untuk jasa service jika masih garansi akan dibebaskan dari biaya layanan service.

Garansi Samsung terhadap produk Samsung milik anda akan hilang ketika Kartu garansi tidak terisi lengkap atau tidak sesuai dengan no. seri dan model dari gadget anda. Juga jika pada produk terdapat label No seri, model, produk telah dihapus atau diubah atau terdapat coretan. Jika perangkat atau salah satu spare part diganti dengan suku cadang yang tidak asli oleh pengguna diluar yang ditentukan oleh Samsung serta telah dibuka dan/atau diperbaiki bukan oleh teknisi Samsung maka garansi sudah tidak berlaku.

Demikian beberapa cara cek garansi Samsung yang bisa anda coba untuk mengetahui status garansi dan juga informasi terkait gadget Samsung milik anda. Semoga bisa berguna bagi anda yang sedang ingin melakukan pengecekan status garansi dan layanan purna jual bagi produk Samsung. Salam.