4 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Mudah dan Akurat

Dedi Setiawan

Cara Cek Tagihan BPJS - ANUCARA | Bagaimana cara cek tagihan BPJS kesehatan yang kita miliki? Dan berapa tunggakan yang sudah kita tidak bayar? BPJS Kesehatan merupakan program asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa memilih kelas. Ketika anda pertama ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan, tentunya akan ditawari beberap pilihan kelas. BPJS Kesehatan menyiapkan 3 jenis pilihan kelas yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 dengan masing-masing ketentuan. Untuk Kelas 1 dengan iuran Rp 80.000 perbulan dengan kamar rawat inap 2-4 bed dalam satu ruangan, Sedangkan kelas 2 dengan iuran bulanan Rp 51.000 memiliki hak kamar rawat inap 3-5 bed dalam satu ruangan. Sedangkan untuk kelas paling bawah atau Kelas 3, iuran yang disyaratkan hanya Rp 25.500 perbulan dengan kelas rawat inap 4-6 bed dalam satu kamar atau ruangan. Untuk jumlah bed akan berbeda dis etiap rumah sakit mengingat setiap rumah sakit baik rumah sakit umum daerah ataupun rumah sakit swasta memiliki kebijakan masing-masing. Sedangkan hak jenis Obat dan pelayanan, di semua kelas mendapatkan hak yang sama. 


Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dan juga melakukan pembayarannya kini bisa dilakukan dengan mudah dan di beberapa lokasi yang mudah ditemukan. Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan bisa melalui Indomaret, Alfamart, beberapa situs e-commerce yang melayani pembayaran tagihan, dan juga outlet pembayaran online yang kini sudah banyak dibuka hampir di setiap wilayah. Lalu bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan? Untuk melakukan pengecekan, juga bisa dilakukan dengan beberapa cara yang bisa anda pilih. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara cek tagihan BPJS Kesehatan :

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan


Ada banyak cara untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan ketika anda ingin mengetahui jumlah tunggakan yang sudah tertangguhkan, diantaranya :

1. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui SMS

Jika anda salah satu Anggota BPJS Kesehatan dan ingin melakukan cek tagihan anda bisa melakukannya melalui SMS, caranya : 
Kirim SMS dengan Format : TAGIHAN[spasi>]Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda
Kirim ke Nomor : 087775500400
Setelah itu anda akan mendapatkan pesan balasan yang berisi Informasi tagihan dari Keanggotaan BPJS Kesehatan atas nama anda sesuai dengan nomor kartu. Tarif dari layanan ini adalah berlaku tarif standart sesuai dengan tarif yang berlaku di masing-masing provider yang anda gunakan.

Dengan melalui SMS anda juga bisa melakukan pengecekan informasi keanggotaan BPJS anda, dengan format yang berbeda. Info selengkapnya mengenai format SMS bisa mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan di https://bpjs-kesehatan.go.id.

2. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Website

Cek Tagihan BPJS Kesehatan juga bisa anda lakukan melalui online dengan mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan di https://bpjs-kesehatan.go.id melalui Komputer ataupun smartphone. Setelah anda masuk pada website tersebut, pilih menu ‘Cek Iuran Peserta’ di sebelah kiri. Kemudian akan muncul form yang harus diisi. Isi dengan 13 digit angka nomor kartu dan kolom selanjutnya isi dengan tanggal lahir sesuai dengan yang terdaftar pada kartu. Isi kode chaptcha atau kode validasi sesuai dengan gambar yang muncul kemudian klik tombol CEK.

Setelah berhasil, akan muncul informasi terkait keanggotaan BPJS Kesehatan anda mulai dari Nama Peserta, Nomor Peserta, dan juga status Aktif/nonaktif dari kartu milik anda. Di bawahnya muncul jumlah tagihan yang harus dibayar dengan keterangan denda dan juga tanggal pembayaran terakhir. Jika anda merupakan kepala keluarga, akan muncul juga tanggungan dari anggota keluarga yang terdaftar BPJS Kesehatan sesuai dengan Kartu Keluarga berikut dengan jumlah tagihannya. Pengecekan melalui website cukup lengkap karena disini anda bisa mendapatkan informasi terkait semua layanan dan juga bisa langsung mengirimkan kritik dan saran pada menu kontak. 

3. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Mesin ATM

Jika anda memiliki Rekening Bank dengan fasilitas ATM, anda bisa juga melakukan pengecekan tagihan BPJS Kesehatan melalui mesin ATM. Cara cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM cukup mudah. Masukkan kartu ATM dan kemudian masukkan PIN seperti biasa. Setelah berhasil masuk, pilih Transaksi lainnya. Pada menu berikutnya, pilih Pembayaran. Kemudian pilih menu JKN/BPJS Kesehatan. Selanjutnya pilih jenis kepesertaan ‘Individu’. Di menu selanjutnya masukkan 13 Digit Nomor keanggotaan BPJS Kesehatan anda. Setelah itu akan muncul Jumlah tagihan yang harus dibayar dan juga tanggal terakhir pembayaran. 

Cara cek tagihan ini tidak akan muncul ketika anda melakukan cek tagihan ketika anda tidak memiliki tagihan atau belum masuk pada bulan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan. 

4. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi

Kini, BPJS Kesehatan bisa anda hadirkan dalam Smartphone anda. Bagi pengguna Smartphone berbasis android, kini anda bisa mengunduh aplikasi dari BPJS untuk mendapatkan informasi seputar keanggotaan BPJS Kesehatan anda. Aplikasi ini bernama Mobile JKN. Jika anda belum memilikinya anda bisa mengunduhnya melalui aplikasi Google Playstore. Ketik Mobile JKN pada pencarian dan kemudian unduh. Setelah terunduh, install aplikasinya dan anda bisa langsung gunakan. Lakukan pendaftaran bagi anda yang baru menggunakan aplikasi ini. Pada tampilan awal terdapat pilihan pendaftaran peserta BPJS baru dan juga Pendaftaran Pengguna Mobile(bagi yang sudah tergabung BPJS Kesehatan). Pilih Pendaftaran pengguna mobile dan ikuti petunjuk pendaftarannya. Siapkan email aktif untuk proses pendaftaran. Anda bisa menggunakan email yang aktif dalam akun Android anda. Setelah pendaftaran selesai, dan melakukan verifikasi email anda bisa langsung login untuk mendapatkan informasi seputar kepesertaan BPJS Kesehatan anda termasuk cek tagihan dari iuran BPJS Kesehatan yang anda ikuti.

Dengan aplikasi ini anda juga bisa melakukan pendaftaran peserta baru BPJS Kesehatan bagi yang belum menjadi anggota BPJS Kesehatan. Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu, antara lain :
  1. Info BPJS : menampilkan informasi seputar BPJS Kesehatan
  2. Peserta : mencari data kepesertaan melalui nomor kartu, NIK atau No Kartu Keluarga
  3. Lokasi : mencari dan menampilkan peta lokasi fasilitas kesehatan berdasarkan cabang dan lokasi terdekat dari anda berada
  4. Tagihan : mencari informasi mengenai tagihan peserta
  5. Cek VA : mencari No Virtual Account peserta berdasarkan NIK
  6. Notifikasi Tagihan: Notifikasi Tagihan BPJS Kesehatan
Nah uniknya aplikasi ini adalah, aplikasi ini dapat mengingatkan anda untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Pengingat pembayaran tagihan akan berbunyi seperti alarm atau catatan pada setingan smartphone anda. Notifikasi tagihan ini bisa anda atur sesuai yang anda inginkan, sehingga notifikasi akan muncul bisa 3 hari 4 hari atau 5 hari sebelum jatuh tempo sesuai dengan pengaturan yang anda lakukan. 

Pada versi terbarunya, kini juga ditambahkan fitur perubahan kelas rawat inap bagi peserta mandiri, Penambahan fitur pelayanan, dan juga kini dilengkapi menu penambahan pilihan anggota keluarga dalam 1 keluarga pada menu Kartu Peserta. 

Diluncurkannya aplikasi BPJS Kesehatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan untuk terus memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Sebagai bentuk peningkatan layanan bagi masyarakat, kini BPJS Kesehatan juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi swasta. BPJS Kesehatan akan menjamin biaya sesuai tarif yang berlaku pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sedangkan selisihnya akan menjadi tanggung jawab asuransi komersial selama sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Jadi anda bisa mengikuti Asuransi Swasta dengan premi yang lebih rendah ditambah dengan keanggotaan BPJS Kesehatan. Saat ini ada total 51 Asuransi swasta yang sudah menjalin kerja sama dengan BPJS kesehatan atau lebih tepatnya bergabung dalam program Jaminan Kesehatan Nasional yang menjadi program Pemerintah.

Demikian beberapa cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda yang menurut anda paling mudah. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan, anda bisa mengubungi layanan Call Center di nomor 1500400 atau bisa juga mengirim Email ke alamat service.desk@bpjs-kesehatan.go.id. Semoga cra cek tagihan BPJS Kesehatan ini membantu anda dalam melakukan pengecekan dari Tagihan BPJS Kesehatan anda sehingga tidak sampai mendapatkan denda pembayaran.