4 Cara Cek Ongkir Pos Indonesia dengan Mudah dan Benar

Dedi Setiawan

Cek Ongkir Pos Indonesia - ANUCARA | Kita akan coba membahas Cara Cek Ongkir Pos Indonesia untuk pengiriman barang dan dokumen. POS Indonesia adalah sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang layanan jasa pengiriman sejak tahun 1995. Meski begitu, sebelum kemerdekaan, cikal bakal Pos Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1946 yang menjadi pengiriman surat-surat pentingd an menjamin keamanannya. Selama 17 tahun bergerak sebagi perusahaan umum, akhirnya tahun 1995 Pos Indonesia diambil alih oleh BUMN. Salah satu perusahaan yang paling populer untuk pengiriman surat dan barang seluruh Indonesia dengan jaringan paling besar di nusantara. Dengan dipegang oleh BUMN maka tarif Pos Indonesia juga lebih terjangkau dan terjamin keamanannya. Beberapa pelaku bisnis lebih memilih Pos Indonesia sebagai layanan jasa pengiriman dengan ongkos kirim yang lebih ekonomis. Berapa ongkir Pos Indonesia? Dan bagaimana cara mengeceknya? 


Cara Cek Ongkir Pos Indonesia bisa diketahui dengan melalui online. Menggunakan website resmi Pos Indonesia kita bisa melakukan cek ongkir Pos Indonesia untuk wilayah pengiriman seluruh Indonesia. Selain itu Pos Indonesia memiliki banyak layanan yang bisa dijadikan perbandingan dalam pengiriman seperti misalnya kilat khusus, pos express, paket biasa, dan lain sebagainya yang bsia dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sampai saat ini Pos Indonesia masih yang terlengkap untuk urusan jasa mengirim barang atau paket. Pos Indonesia menjangkau seluruh pelosok Indonesia hingga ke luar negri Pos Indonesia masih tetap unggul. Dari segi tarif dan pelayanan lainnya, Pos Indonesia masih berani bersaing harga dengan jasa kurir swasta yang ada saat ini. 

Ada beberapa cara cek ongkir Pos Indonesia yang bisa anda gunakan untuk mengetahui tarif ongkos kirim layanan barang dan dokumen. Berikut ini berbagai cara yang bisa dipilih dalam mengecek harga pengiriman melalui Pos Indonesia 

Cek Ongkir POS Indonesia


Bagi yang ingin menggunakan jasa pengiriman barang dan dokumen dengan pos Indonesia, anda bisa cek tarif ongkos kirimnya dahulu sebelum melakukan pengiriman untuk memperkirakan estimasi biaya dan estimasi waktu sampai di lokasi tujuan dengan beberapa cara, diantaranya : 

1. Cara Cek Ongkir POS Indonesia Melalui Website Resmi 

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membuat Pos Indonesia juga memberikan layanan cek ongkir melalui website resminya di http://www.posindonesia.co.id. Bagi yang ingin cek ongkir Pos Indonesia, kunjungi alamat tersebut melalui desktop atau laptop. Kemudian setelah masuk ke halaman utama, di bagian kiri website terdapat beberapa kolom. Tersedia layanan lacak kiriman dan Tarif Kiriman. Masukkan data pada kolom Tarif kiriman sesuai dengan data yang anda ingin cek ongko kirimnya. Mulai dari Kota Asal, Kota Tujuan, Berat kiriman, Dimensi (panjang, Lebar, Tinggi), juga nilai barang dalam taksiran rupiah. 
  • Kota Asal = Lokasi pengiriman paket 
  • Kota Tujuan = Kota tujuan kiriman 
  • Berat Barang = Berat barang atau paket yang akan dikirim, satuan yang digunakan adalah adalah gram sehingga jika 1kg maka ditulis 1000 gram. 
  • Dimensi Kiriman = Panjang, Lebar, dan Tinggi barang atau kiriman, bisa dikira-kira. 
Selanjutnya masukkan kode keamanan sesuai dengan kode yang tertera kemudian klik tombol ‘CARI’. Setelah beberapa saat akan muncul beberapa pilihan paket layanan lengkap dengan harga tarif ongkir dan juga lama waktu pengiriman. 

2. Cara Cek Ongkir POS Indonesia Melalui Website Unofficial 

Sama seperti Cek Ongkir JNE dan Cek Ongkir TIKI, cara cek ongkir Pos Indonesia juga tersedia di beberapa website layanan cek ongkir yang tersedia saat ini. Dengan maraknya pengguna jasa kiriman dan kurir di Indonesia saat ini, banyak bermunculan website unutk melakukan cek ongkir dan cek nomor resi untuk berbagai layanan jasa kiriman. Beberapa websitenya diantaranya cektarif.com, cekongkir.com, rajaongkir.com, dan lain sejenisnya. Untuk melakukan pengecekan ongkos kirim Pos Indonesia anda bisa menggunakannya sesuai petunjuk di masing-masing website. Biasanya hanya berbeda tampilannya saja karena pada dasarnya data yang diambil adalah data dari masing-masing website resmi dari pihak jasa kurir terkait. Bedanya di website sejenis ini kita bisa melakukan pengecekan untuk banyak layanan jasa pengiriman dalam satu halaman tanpa harus berpindah ke website lain. 

3. Cara Cek Ongkir POS Indonesia Melalui Aplikasi di Android 

Saat ini secara resmi POS Indonesia belum mengeluarkan aplikasi untuk melakukan pengecekan ongkos kirim terkait layanan Pos Indonesia untuk android. Tetapi aplikasi yang beredar di Google Playstore sudah banyak tersedia. Anda bisa memilih salah satu aplikasi untuk pengecekan ongkos kirim yang ada di google playstore dan memasangnya di aplikasi android anda. Pilihlah aplikasi yang paling tepat dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak memberatkan kinerja dari ponsel android anda. Hampir semua aplikasi yang ada bersifat gratis, hanya saja didalamnya biasanya muncul iklan. Kelebihan dari aplikasi-aplikasi ini adalah layanan yang tersedia didalamnya bsia digunakan untuk melakukan pengecekan jasa kiriman lain tak hanya Pos Indonesia, seperti JNE, TIKI, J&T Express, Pahala, Pandu, ESL, RPX, EMS, Atri Xpress, Sicepat, Lion Parcel, dan juga Wahana. 

4. Cara Cek Ongkir POS Indonesia Melalui Kantor Pos 

Jika anda termasuk orang yang tidak mau ribet dengan aplikasi, anda bsia datang ke Kantor Pos Terdekat untuk mengetahui ongkos kirim dari barang atau paket yang akan anda kirim. Cara cek Ongkir dengan cara ini memang bisa dibilang lebih efektif karena kita bsia mengetahui lebih pasti ongkos kirim yang akan dibebankan dan juga bisa langsung sekaligus mengirim barang. Namun cara ini akan terkendala jika barang belum siap kirim dan erat kaitannya dengan pembayaran pihak lain yang menanggung pembayaran ongkos kirim sehingga kita harus mengetahui dengan pasti nominal tarif kiriman sebelum barang dikirim. 

Saat ini Pos Indonesia memiliki jaringan yang sangat luas hingga 4.800 Kantorpos yang berkerja secara online. Jumlah titik layanan (Point of Sales) baik kantor pusat maupun kantor cabang mencapai 58.700 titik dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain. Pos Indonesia memiliki jaringan yang sangat dedicated dengan mengedepankan sistem distribusi yang handal, Track and Trace, layanan yang prima, kecepatan, ketepatan, dan tentunya harga yang kompetitif untuk semua kalangan. 

Demikian beberapa cara cek ongkir Pos Indonesia yang bisa anda coba untuk melakukan pengiriman dengan jasa layanan kiriman Pos Indonesia yang memiliki jaringan terluas sampai ke pelosok negeri. Semoga salah satu dari empat cara diatas bisa membantu anda dalam menentukan pengiriman barang dengan menggunakan jasa Pos Indonesia. Saat ini bsia dibilang Pos Indonesia adalah layanan jasa kiriman paling lengkap mulai dari pengiriamn domestic maupun pengiriman luar negeri termasuk pengiriman barang untuk jemaah haji. Selain itu, layanan kiriman uang dengan wesel pos atau western union juga tersedia di Pos Indonesia. Jika ada pertanyaan dan keluhan seputar layanan Pos Indonesia anda bsia menghubungi layanan Call Center di 161 atau melayangkan pesan melalui website www.posindonesia.co.id untuk menyampaikan keluhan, kiritk, dan juga saran terkait layanan dan produk dari Pos Indonesia.